Selasa, 19 Juni 2012

RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP
:
Negeri 4 Binamu
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
4.   Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan , surat dinas, dan petunjuk

Kompetensi Dasar
:
4.2. Menulis Surat dinas berkenaan dengan kagiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku

Indikator
:
§  Mampu menentukan sistematika surat dinas
§  Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku
§  Mampu menyunting surat dinas
§   
Alokasi Waktu
:
 ( 2 x 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat Menulis Surat dinas berkenaan dengan kagiatan sekolah dengan sistematika  yang tepat dan bahasa baku.

v  Karakter siswa yang diharapkan: Rasa ingin tahu
                                                     Demokratis
                                                     Kerja keras
                                                     Mandiri
B.     Materi

§  Surat dinas
§  Ciri-ciri surat dinas
§  Bagian-bagian surat dinas
§  Sistematika penulisan surat dinas
§  Menyunting surat dinas

C.    Metode Pembelajaran

§  Ceramah
§  Tanya jawab         
§  Penugasan
§  Diskusi








D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


NO
Langkah-langkah
Kegiatan
Kegiatan/
Waktu
Metode
1.

Kegiatan Awal
a.Apersepsi
Guru
Siswa


·    Menyampaikan SK,KD,Indikator, dan tujuan pembelajaran
·    Memfasilitasi pembacaan sebuah contoh surat dinas
·      Mendengarkan dengan cermat

·      Membaca sebuah contoh surat dinas
Klasikal



Individual

( 5' )

Ceramah

b. Motivasi
·    Menyampaikan bahwa menulis surat dinas bisa dilakukan oleh siapapun

( 2' )
Ceramah

2
Kegiatan Inti





a.Eksplorasi
·    Memfasilitasi pengamatan beberapa contoh surat dinas
·    Bertanya jawab tentang surat dinas yang diamati
·      Mengamati dengan cermat beberapa contoh surat dinas
·     Bertanya jawab tentang surat dinas yang diamati dengan santun
Kelompok



Klasikal



Kelompok


Kelompok


Individual



Kelompok


Individual



Berpasangan

Individual




Individual


Individual

( 63' )






Penugasan



Tanya jawab

b.      Elaborasi
·    Memfasilitasi pembentukan kelompok
·    Menugaskan menulis surat dinas




·    Memfasilitasi bahasa dan bentuk surat
·     Membentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 orang dengan tertib
·     Mendiskusikan penulisan surat dinas
·     Menulis sebuah surat dinas
·     Mendiskusikan sistimatika surat dinas
·     Mendiskusikan bahasa dan bentuk/format  surat
·     Menulis sebuah surat dinas sesuai dengan petunjuk
·     Menukarkan pekerjaan kepada temannya
·     Saling mengoreksi/ menyunting dan menanggapi pekerjaan temannya
·     Merevisi surat yang telah dikomentari temannya


Diskusi

Diskusi


Penugsan



Diskusi


Penugasan



Penugasan


Penugasan


Penugasan

c.       Komfirmasi
·    Memberikan penghargaan kepada yang bekerja dengan maksimal
·      Menerima penghargaan dengan rendah hati
Ceramah

3
Kegiatan akhir
·   Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
·   Menarik merangkum/ kesimpulan tentang pembelajaran.

·     Bersama-sama menyimpulkan pelajaran
Klasikal

( 10' )
Tanya jawab


E.  Sumber Belajar

§  Contoh surat-surat
§  Buku teks
§  Contoh format surat dinas
§  Buku pedoman EYD

F.     Penilaian

 

§  Tehnik                               : Tes tertulis, tes unjuk kerja
§  Bentuk Instrumen             : Tes uraian
               Uji petik kerja produk


§  Soal/Instrumen

§  Tentukan sistematika penulisan surat dinas !

Pedoman penskoran


lengkap
Kurang lengkap
Tidak lengkap
skor 3
Skor 2
Skor 1










§  Buatlah sebuah surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan memperhatikan segi bahasa, format, dan sistematika!

Pedoman Penskoran


diksi
ejaan
Tanda baca dan huruf kapital
Sistematika penulisan
Format penulisan

(1-4)
(1-4)
(1-4)
(1-4)
(1-4)











§  Suntinglah surat dinas temanmu!.

Pedoman Peskoran


Sangat cermat
Cukup cermat
Kurang cermat
skor 3
Skor 2
Skor 1




Skor maksimum
No 1 : 3
No 2 :20
No 3 : 3
Jumlah: 26


Penghitungan nilai akhir:
Perolehan skor
Nilai Akhir :                                x skor ideal (100) = ..........
Skor maksimum


Mengetahui                                                                   Sapanang,    Oktober 2011
Kepala SMPN 4 Binamu                                                Guru Mapel B.Indonesia

                                                                       

St.Nurhayati  L, S.Pd                                                       Mustari, S.Pd            
Nip.19511110 197603 2 004                                             Nip.19680502 199307 1 001










RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP
:
Negeri 4 Binamu
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VIII / 1
Standar Kompetensi
:
4.   Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan , surat dinas, dan petunjuk
Kompetensi Dasar
:
4.3. Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
Indikator
:
§  Mampu mendata urutan melakukan sesuatu
§  Mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk
§  Mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif
§  Menyunting bahasa petunjuk
Alokasi Waktu
:
1 x pertemuan ( 2 x 40 menit )

A.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif

v  Karakter siswa yang diharapkan:       Rasa ingin tahu
                                                           Demokratis
                                                           Kerja keras                                             
B.     Materi

§  Penulisan bahasa petunjuk
§  Ciri-ciri bahasa efektif
§  Ciri-ciri bahasa petunjuk
§  Ciri-ciri bahasa deskriptif
§  Menyunting bahasa petunjuk

C. Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya jawab
§  Penugasan
§  Diskusi

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


NO
Langkah-langkah
Kegiatan
Kegiatan/
Waktu
Metode
1.

Kegiatan Awal
a.Apersepsi
Guru
Siswa


·    Menyampaikan SK,KD,Indikator, dan tujuan pembelajaran
·    Memfasilitasi pengamatan materi yang berisi bahasa petunjuk
·    Bertanya jawab tentang manfaat menulis petunjuk dalam kehidupan sehari-hari
·      Mendengarkan dengan cermat

·      Mengamati Contoh materi yang berisi bahasa petunjuk

·      Bertanya jawab tentang manfaat menulis petunjuk dalam kehidupan sehari-hari
Klasikal



Individual



Klasikal


( 18' )


Ceramah



Penugasan


Tanya jawab

b. Motivasi
·    Menyampaikan bahwa menulis petunjuk itu mudah dan  dapat  dilakukan oleh siapapun

( 2' )
Ceramah

2
Kegiatan Inti





a.       Eksplorasi
·    Memfasilitasi pelaksanaan diskusi

·      Mendiskusikan ciri bahasa petunjuk

Kelompok





Kelompok


Individual


Klasikal/

Kelompok




Individual/
Berpasangan







Individual



( 50
Diskusi





b.      Elaborasi
·    Memfasilitasi penyajian hasil kerja individu maupun kelompok
·     Menyusun bahasa petunjuk
·     Menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif berdasarkan gambar yang telah disediakan
·     Menyajikan/ mempresentasikan petunjuk yang telah dibuat
·     Saling mengoreksi/ menyunting dan menanggapi hasil kerja yang ditampilkan /disajikan


Diskusi

Diskusi




Penugasan




Diskusi







c.       Komfirmasi
·    Memberikan masukan terhadap hasil kerja yang disajikan
·      Membetulkan hasil kerja berdasarkan masukan teman dan guru dengan rendah hati
Penugasan

3
Kegiatan akhir
·   Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
·   Menarik merangkum/ kesimpulan tentang pembelajaran.

·     Bersama-sama menyimpulkan pelajaran
Klasikal

( 10' )
Tanya jawab



E.     Sumber Belajar
·         Buku Paket Bahasa Indonesia
·         Contoh bahasa petunjuk.

 

F.     Penilaian 

  • Tehnik                         : Tes tertulis, tes unjuk kerja
  • Bentuk Instrumen       : Tes uraian
                                                  Uji petik kerja produk

  • Soal/Instrumen
. Datalah urutan melakukan sesuatu ( cara menggunakan telepon kartu)
No
Kegiatan
Skor
1
2
3
1.





1.Siswa mendata urutan menggunakan telepon kartu
Angkat gagang telepon,tunggu sampai terdengar nada panggil,masukkan kartu telepon,tekan nomor telepon dimaksud,tutup kembali gagang telepon.
a.       Data urutan benar
b.      Data urutan salah




5
0

2.Tulislah ciri-ciri bahasa petunjuk ( urutan tepat,bahasa efektif,singkat,jelas).
No
Kegiatan
Skor
2



1.Siswa menulis ciri-ciri bahasa petunjuk
a.       Bila menjawab 4 hal
b.       Bila menjawab 3 hal
c.       Bila menjawab 2 hal


4
3
2

3.Tulislah petunjuk tentang cara minum obat batuk sirup!
No
Kegiatan
Skor
1
2
3
3






2.   Siswa menuliskan petunjuk cara minum obat batuk sirup;baca aturan pakai,kocok botol obat,buka tutup botol,minum sesuai dosis yang ditentukan
a.       Bila menjawab sesuai urutan
b.      Bila menjawab 3 hal
c.       Bila menjawab 2 hal





4
3
2



4.Suntinglah bahasa petunjuk temanmu!
No
Pertanyaan
jawaban
skor
1
Sudah jelaskah perintah petunjuk tersebut ? (tidak menimbulkan banyak penafsiran )
Sudah
3
Belum
2
2.
Sudah urutkah langkah-langkah dalam petunjuk tersebut?
Sudah
3
Belum
2
3.
Sudah benarkah ejaannya?
Sudah
3
Belum
2
4
Sudah hematkah kata-kata yang digunakan dalam petunjuk tersebut?
Sudah
3
Belum
2
5.
Sudah sesuaikah bahasa yang digunakan dalam petunjuk tersebut?
Sudah
3
Belum
2
6.
Sudah menarikkah tampilan petunjuk tersebut?
Sudah
3
Belum
2

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut :

                             Perolehan skor
Nilai Akhir =                                            x  skor ideal  ( 100 )
                             Skor maksimun (31 )



Skor maksimum
No 1 : 3
No 2 :20
No 3 : 3
Jumlah: 26
Penghitungan nilai akhir:
Perolehan skor
Nilai Akhir :                            x skor ideal (100) = ..........
Skor maksimum                                 


Mengetahui                                                                    Sapanang,    Oktober 2011
Kepala SMPN 4 Binamu                                                Guru Mapel B.Indonesia

                                                                       

St.Nurhayati  L, S.Pd                                                       Mustari, S.Pd            
Nip.19511110 197603 2 004                                             Nip.19680502 199307 1 001









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SMP                                     : SMP Negeri 4 Binamu
Mata pelajaran                      : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester                     : VIII / 1

Standar kompetensi           : 4.     Mengungkapkan informasi dalam bentuk     laporan,surat   dinas, dan petunjuk.
Kompetensi Dasar              : 4.1   Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan    benar

Indikator                             :  1.   Mampu menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema
2.      Mampu mengembangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif
Alokasi  waktu                    : 2 x 40 menit  ( 1 x Pertemuan )

A.    Tujuan Pembelajaran             
Siswa dapat menuliskan laporan perjanan pribadi dengan bahasa yang baik dan benar

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Rasa ingin tahu
                                                              Demokratis
                                                              Kerja keras
                                                              Mandiri

B.     Materi Pokok                :      
 Penulisan laporan perjalanan.
1.      Teks laporan perjalanan
2.      Unsur-unsur laporan
3.      Cara menyusun kerangka laporan
4.      Praktik penulisan laporan perjalanan

C. Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Diskusi
·         Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran       

NO
Langkah-langkah
Kegiatan
Kegiatan/
Waktu
Metode
1.

Kegiatan Awal
a.Apersepsi
Guru
Siswa


·    Menyampaikan SK,KD,Indikator, dan tujuan pembelajaran
·    Bertanya jawab tentang manfaat menulis laporan dalam kehidupan sehari-hari
·    Menjelaskan tentang proses penyusunan laporan
·      Mendengarkan dengan cermat
·      Bertanya jawab tentang manfaat menulis laporan  dalam kehidupan sehari-hari
·      Mendengarkan dengan baik cara /proses penyusunan laporan
Klasikal

Klasikal




Klasikal


( 16' )


Ceramah

Tanya jawab




Ceramah

b. Motivasi
·    Menyimpulkan langkah-langkah penyusunan laporan perjalanan
·      Menyimpulkan langkah-langkah penyusunan laporan perjalanan
( 4' )
Diskusi

2
Kegiatan Inti





a.       Eksplorasi
·    Memfasilitasi bacaan tentang laporan perjalanan
·      Membaca bacaan tentang laporan perjalanan
·      Mencatat pokok-pokok laporan perjalanan

Kelompok







Individual


Kelompok




Individual



Individual



( 50' )
Diskusi





b.      Elaborasi
·    Memfasilitasi membaca teks laporan perjalanan dengan berkelompok



·    Memberikan tugas menulis dan mengembangkan kerangka laporan
·     Menulis kerangka laporan perjalanan yang dibaca secara mandiri
·     Mengembangkan kerangka laporan perjalanan dengan bahasa yang komunikatif
·     Menyimpulkan isi , bentuk dan bahasa dalam laporan perjalanan dengan kerja keras
·     Saling mengoreksi/ menyunting dan menanggapi hasil kerja yang ditampilkan /disajikan secara demokratis

Penugasan


Diskusi




Penugasan



Diskusi







c.       Komfirmasi
·    Memberikan penghargaan kepada yang bisa bekerja dengan baik
·      Menerima penghargaan dengan rendah hati
Ceramah

3
Kegiatan akhir
·   Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
·   Menarik merangkum/ kesimpulan tentang pembelajaran.

·     Bersama-sama menyimpulkan pelajaran
Klasikal

( 10' )
Tanya jawab

G.    Sumber Belajar

·         Buku Paket Bahasa Indonesia
·         Koran dan majalah

 

H.    Penilaian 

  • Tehnik                         : Tes tertulis, tes unjuk kerja
  • Bentuk Instrumen       : Tes uraian
                                                  Uji petik kerja produk

  • Soal/Instrumen

1.      Buatlah kerangka perjalanan dengan pola tertentu!

Kegiatan
Skor
1
2
3
1.








1.      Siswa menuliskan kerangka
1.      Apa
2.      Dimana
3.      Kapan
4.      Siapa
5.      Mengapa
6.      Bagaimana
2.      Siswa tidak melakukan apa-apa

1
1
1
1
1
1
0

2. Kembangkan kerangka laporan menjadi laporan tertulis dengan bahasa yang komunikatif!

No

Kegiatan
Skor
1
2
3
4
1
Kelengkapan isi
·         Isi laporan lengkap
·         Isi laporan kurang lengkap
·         Isi laporan tidak lengkap

2
1
1
2
Kesesuaian isi
·         Semua tulisan sesuai dengan data
·         Sebagian kecil kerangka laporan tidak sesuai dengan tulisan
·         Sebagian besar kerangka laporan tidak sesuai dengan tulisan
·         Semua  kerangka laporan tidak sesuai dengan tulisan

3

2


1


0
3
Sistimatika
·         Urutan-urutan sesuai
·         Urutan-urutan kurang sesuai
·         Urutan-urutan tidak sesuai

2
1
0
4
Penggunaan ejaan dan tanda baca
·         Tidak ada kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
·         Terdapat sedikit kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
·         Sebagian besar penulisan  ejaan dan tanda baca salah
·         Penggunaan ejaan dan tanda baca salah semua

3


2


1

0

3.Tulislah kesimpulan bacaan dalam beberapa kalimat !

No
Kegiatan
Skor
1
2
3
1
1.Siswa   menulis kesimpulan bacaan dalam beberapa kalimat
a.       Siswa dapat menulis simpulan 3 kalimat
b.      Siswa dapat menulis simpulan 2 kalimat
c.       Siswa dapat menulis simpulan 1 kalimat
d.      Siswa tidak menjawab pertayaan


3
2
1
0
Skor maksimal
No.1                   = 6
No. 2                  = 10
Jumlah                = 16

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut :

                             Perolehan skor
Nilai Akhir =                                           x  skor ideal  ( 100 )
                             Skor maksimun ( 16 )
                                                                                                Sapanang, Oktober  2010
Mengetahui :
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran


ST  NURHAYATI L, S.Pd                                      MUSTARI, S.Pd
NIP.19511110 197603 2 004                                     NIP.19680502 199307 1 001








Tidak ada komentar:

Posting Komentar