Selasa, 19 Juni 2012

RENCANA TINDAK LANJUT CAKEP KABUPATEN JENEPONTO


RENCANA TINDAK LANJUT
CAKEP KABUPATEN JENEPONTO

No
Kegiatan
Langkah –langkah
Hasil yang diharapkan
Waktu
Kriteria hasil/rubrik
Keterangan
A
MANAJERIAL





1
Mengkaji dokumen RKS/RKJM dari kedua sekolah sekolah sendiri
( SMP Neg. 4 Binamu ) dan sekolah magang
( SMP Neg.1 Binamu )
1.      Mengkaji dokumen RKS/RKJM sekolah dan membuat laporan hasil kajian, sesuai dengan prinsip penyusunan RKS berdasarkan instrumen EDS di sekolahnya
2.      Mengkonfirmasi (membandingkan) hasil kajian  RKS/RKJM  yang telah disusun dengan RKS /RKJM  di sekolah magang


Adanya laporan tertulis hasil kajian RKS/ RKJM dari sekolah sendiri
 ( SMP    Neg. 4 Binamu ) dan sekolah magang  ( SMP Neg.1 Binamu )
8 x 45 menit di sekolah sendiri  dan 4 x 45 menit di sekolah magang
1.      Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah)
2.      Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan
3.      Laporan memuat komponen: kondisi RKS/RKJM sekolah, proses penyusunan RKS/RKJM, kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb.

Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan (softcopy dalam bentuk CD)
2
Mengkaji dokumen Pengelolaan Keuangan dari  sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
1.      Mengkaji  dokumen RKS/RKAS dan laporan keuangan di Sekolah sendiri
2.      Mencari informasi tentang sistem pengelolaan keuangan di sekolah magang
Adanya laporan tertulis hasil kajian pengelolaan keuangan dari sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
8 x 45 menit di sekolah sendiri dan 4 x 45 menit di sekolah lainnya .
1.      Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah)
2.      Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan
3.      Laporan memuat komponen: kondisi sumber keuangan, mekanisme pengelolaan dan pelaporan. Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb

3
Mengkaji Keg.produksi dan jasa dari  sekolah h sendiri
Mengkaji dokumen dan kegiatan produksi dan jasa di sekolah sendiri
Adanya laporan tertulis hasil kajian kegiatan produksi dan jasa di sekolah sendiri
3 x 45 menit di sekolah sendiri.
1.      Ada laporan kajian (bukti fisik dari sekolah sendiri)
2.      Adanya ttd kepala sekolah sendiri pada laporan
3.      Laporan memuat komponen: Bisnis plan dalam bentuk bentuk proposal pendirian unit produksi dan jasa di sekolah.  Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb.
Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan
4
Pembinaan TAS
Mengkaji dokumen dan kegiatan pembinaan tenaga administrasi sekolah
Adanya laporan tertulis hasil kajian pembinaan TAS di sekolah sendiri          ( SMP Neg. 4 Binamu ) dan sekolah magang  ( SMP Neg.1 Binamu ) 
4 x 45 menit di sekolah sendiri  dan 2 x 45 menit di sekolah lain
1.      Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah)
2.      Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan
3.      Laporan memuat komponen: Pembinaan TAS  di sekolah.  Laporan disertai kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb.
Foto-foto kegiatan (dalam bentuk softcopy)
5
Pengelolaan Kurikulum
Menganalisis  dokumen 1 dan  dokumen 2          ( silabus dan RPP ) di sekolah tempat bertugas

Adanya laporan tertulis hasil kajian Dokumen 1 dan Dokumen 2 dari sekolah sendiri               ( SMP Neg. 4 Binamu ) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
8 x 45 menit di sekolah sendiri  dan 4 x 45 menit di sekolah lain .
1.      Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah)
2.      Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan
3.      Adanya hasil kajian berupa kontribusi thd dokumen 1 kurikulum sekolah sendiri dan di sekolah lain.
4.      Adanya hasil kajian berupa kontribusi thd Dokumen II kurikulum sekolah sendiri dan di sekolah lain.

6
Pemanfaatan TIK
Mengkaji penggunaan TIK dalam pembelajaran  untuk meningkatkan proses pembelajaran

Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap pemanfaatan TIK di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
2 x 45 menit di sekolah sendiri dan 1 x 45 menit di sekolah lain .
1.      Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah)
2.      Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan
3.      Laporan memuat pemanfaat TIK di sekolah.  Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb.
Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan
7
Monitoring dan Evaluasi
Mengkaji  program  dan pelaksanaan  Monev di sekolah


Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap program dan pelaksaaan monev di sekolah sendiri
 ( SMP   Neg. 4 Binamu)  dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
2 x 45 menit di sekolah sendiri dan 1 x 45 menit di sekolah lain .
1.      Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah)
2.      Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan
3.      Laporan memuat komponen: program dan pelaksanaan Monev di sekolah.  Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb.
Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan
8
Pengelolaan Sarpras
Mengkaji dokumen dan kegiatan pengelolaan sarpras di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap pengelolaan   sarpras di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
4 x 45 menit di sekolah sendiri dan 2 x 45 menit di sekolah lain .
1.      Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah)
2.      Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan
3.      Laporan memuat perencanaan pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan sarpras di sekolah.  Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb.
Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan
9
Pengelolaan Peserta didik
Mengkaji dokumen dan kegiatan pengelolaan   peserta didik di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap pengelolaan   peserta didik di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
4 x 45 menit di sekolah sendiri  dan 2 x 45 menit di sekolah lain .
1.      Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah)
2.      Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan
3.      Laporan memuat komponen:
a.   Perencanaan dan penerimaan peserta didik baru   di sekolah.
b.  Pembinaan dan pengembangan kapasitas peserta didik; laporan memuat   Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb.
Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan
10
Pengelolaan PTK
Mengkaji dokumen dan atau kegiatan pengelolaan PTK
Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap pengelolaan   PTK di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
4 x 45 menit di sekolah sendiri  dan 2 x 45 menit di sekolah lain .
1.      Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah)
2.      Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan
3.      Laporan memuat komponen: perencanaan kebutuhan PTK di sekolah.  Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb.
Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan
B
SUPERVISI



4.       

11
Program Supervisi Akademik
1.      Perencanaan program
2.      Pelaksanaan
3.      Tindak lanjut hasil supervisi
Mengkaji perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut program supervisi akademik di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap program supervisi akademik dari sekolah sendiri
( SMP Neg. 4 Binamu) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu )
1.    8x 45 menit di sekolah sendiri
2.    4 x 45 menit di sekolah magang
1.      Ada laporan hasil kajian program supervisi (bukti fisik dari kedua sekolah)
2.      Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan
3.      Laporan memuat komponen: kondisi perencanaan, pelaksanaan dan tindaklanjut hasil supervis akademik, kontribusi calon (Ide,gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb.

Foto-foto atau bukti yang mendukung lainnya

Supervisi terhadap salah satu guru yunior yang satu rumpun
Mengimplementasikan bagaimana melakukan supervisi akademik 

1.    Adanya perangkat pembelajaran (silabus, RPP dan bahan ajar)
2.    Adanya instrumen supervisi akademik (pertemuan awal, obs.kelas, dan feedback serta tindak lanjut hasil supervisi)
2 x 45 menit di sekolah sendiri

1.      Ada laporan hasil supervisi, (bukti fisik telah melakukan supervisi)
2.      Adanya ttd guru yunior, calon kepala sekolah dan diketahui oleh kepala sekolah
3.      Laporan memuat komponen: mulai dari pertemuan awal/praobservasi, observasi pembelajaran, feedback hasil pengamatan supervisi akademik di sekolahnya)


12
RTK
Menyusun rencana tindak kepemimpinan di sekolah sendiri 
1.      Adanya rencana tindak kepemimpinan yang terbaik yang berbasis evaluasi diri dan evaluasi sekolah
2.       
40 x 45 menit di sekolah sendiri
1.      Ada laporan hasil hasil RTK ( bukti fisik telah melakukan RTK )
2.      Laporan diketahui oleh Kepala sekolah
3.      Laporan memuat komponen: sesuai panduan OJL


                                                                                                                                                                                                                                         Jeneponto, 14 September 2011
Mengetahui,
Koordinator / PJBA                                                                                                                                                                                                             Peserta Calon Kepala Sekolah


DR.ANDI MULIATI  AM, M.M                                                                                                                                                                 MUSTARI, S.Pd
NIP.   19571231 198603 2 003                                                                                                                                                                      NIP. 19680502 199307 1 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar