RENCANA TINDAK LANJUT
CAKEP KABUPATEN JENEPONTO
No | Kegiatan | Langkah –langkah | Hasil yang diharapkan | Waktu | Kriteria hasil/rubrik | Keterangan |
A | MANAJERIAL | | | | | |
1 | Mengkaji dokumen RKS/RKJM dari kedua sekolah sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu ) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 1. Mengkaji dokumen RKS/RKJM sekolah dan membuat laporan hasil kajian, sesuai dengan prinsip penyusunan RKS berdasarkan instrumen EDS di sekolahnya 2. Mengkonfirmasi (membandingkan) hasil kajian RKS/RKJM yang telah disusun dengan RKS /RKJM di sekolah magang | Adanya laporan tertulis hasil kajian RKS/ RKJM dari sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu ) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 8 x 45 menit di sekolah sendiri dan 4 x 45 menit di sekolah magang | 1. Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah) 2. Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan 3. Laporan memuat komponen: kondisi RKS/RKJM sekolah, proses penyusunan RKS/RKJM, kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb. | Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan (softcopy dalam bentuk CD) |
2 | Mengkaji dokumen Pengelolaan Keuangan dari sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 1. Mengkaji dokumen RKS/RKAS dan laporan keuangan di Sekolah sendiri 2. Mencari informasi tentang sistem pengelolaan keuangan di sekolah magang | Adanya laporan tertulis hasil kajian pengelolaan keuangan dari sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 8 x 45 menit di sekolah sendiri dan 4 x 45 menit di sekolah lainnya . | 1. Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah) 2. Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan 3. Laporan memuat komponen: kondisi sumber keuangan, mekanisme pengelolaan dan pelaporan. Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb | |
3 | Mengkaji Keg.produksi dan jasa dari sekolah h sendiri | Mengkaji dokumen dan kegiatan produksi dan jasa di sekolah sendiri | Adanya laporan tertulis hasil kajian kegiatan produksi dan jasa di sekolah sendiri | 3 x 45 menit di sekolah sendiri. | 1. Ada laporan kajian (bukti fisik dari sekolah sendiri) 2. Adanya ttd kepala sekolah sendiri pada laporan 3. Laporan memuat komponen: Bisnis plan dalam bentuk bentuk proposal pendirian unit produksi dan jasa di sekolah. Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb. | Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan |
4 | Pembinaan TAS | Mengkaji dokumen dan kegiatan pembinaan tenaga administrasi sekolah | Adanya laporan tertulis hasil kajian pembinaan TAS di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu ) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 4 x 45 menit di sekolah sendiri dan 2 x 45 menit di sekolah lain | 1. Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah) 2. Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan 3. Laporan memuat komponen: Pembinaan TAS di sekolah. Laporan disertai kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb. | Foto-foto kegiatan (dalam bentuk softcopy) |
5 | Pengelolaan Kurikulum | Menganalisis dokumen 1 dan dokumen 2 ( silabus dan RPP ) di sekolah tempat bertugas | Adanya laporan tertulis hasil kajian Dokumen 1 dan Dokumen 2 dari sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu ) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 8 x 45 menit di sekolah sendiri dan 4 x 45 menit di sekolah lain . | 1. Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah) 2. Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan 3. Adanya hasil kajian berupa kontribusi thd dokumen 1 kurikulum sekolah sendiri dan di sekolah lain. 4. Adanya hasil kajian berupa kontribusi thd Dokumen II kurikulum sekolah sendiri dan di sekolah lain. | |
6 | Pemanfaatan TIK | Mengkaji penggunaan TIK dalam pembelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran | Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap pemanfaatan TIK di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 2 x 45 menit di sekolah sendiri dan 1 x 45 menit di sekolah lain . | 1. Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah) 2. Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan 3. Laporan memuat pemanfaat TIK di sekolah. Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb. | Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan |
7 | Monitoring dan Evaluasi | Mengkaji program dan pelaksanaan Monev di sekolah | Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap program dan pelaksaaan monev di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 2 x 45 menit di sekolah sendiri dan 1 x 45 menit di sekolah lain . | 1. Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah) 2. Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan 3. Laporan memuat komponen: program dan pelaksanaan Monev di sekolah. Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb. | Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan |
8 | Pengelolaan Sarpras | Mengkaji dokumen dan kegiatan pengelolaan sarpras di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap pengelolaan sarpras di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 4 x 45 menit di sekolah sendiri dan 2 x 45 menit di sekolah lain . | 1. Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah) 2. Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan 3. Laporan memuat perencanaan pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan sarpras di sekolah. Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb. | Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan |
9 | Pengelolaan Peserta didik | Mengkaji dokumen dan kegiatan pengelolaan peserta didik di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap pengelolaan peserta didik di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 4 x 45 menit di sekolah sendiri dan 2 x 45 menit di sekolah lain . | 1. Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah) 2. Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan 3. Laporan memuat komponen: a. Perencanaan dan penerimaan peserta didik baru di sekolah. b. Pembinaan dan pengembangan kapasitas peserta didik; laporan memuat Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb. | Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan |
10 | Pengelolaan PTK | Mengkaji dokumen dan atau kegiatan pengelolaan PTK | Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap pengelolaan PTK di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 4 x 45 menit di sekolah sendiri dan 2 x 45 menit di sekolah lain . | 1. Ada laporan kajian (bukti fisik dari kedua sekolah) 2. Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan 3. Laporan memuat komponen: perencanaan kebutuhan PTK di sekolah. Kontribusi calon (Ide, gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb. | Bila perlu ditambah foto-foto kegiatan |
B | SUPERVISI | | | | 4. | |
11 | Program Supervisi Akademik 1. Perencanaan program 2. Pelaksanaan 3. Tindak lanjut hasil supervisi | Mengkaji perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut program supervisi akademik di sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | Adanya laporan tertulis hasil kajian terhadap program supervisi akademik dari sekolah sendiri ( SMP Neg. 4 Binamu) dan sekolah magang ( SMP Neg.1 Binamu ) | 1. 8x 45 menit di sekolah sendiri 2. 4 x 45 menit di sekolah magang | 1. Ada laporan hasil kajian program supervisi (bukti fisik dari kedua sekolah) 2. Adanya ttd kedua kepala sekolah pada laporan 3. Laporan memuat komponen: kondisi perencanaan, pelaksanaan dan tindaklanjut hasil supervis akademik, kontribusi calon (Ide,gagasan, analisis) terhadap dokumen tsb. | Foto-foto atau bukti yang mendukung lainnya |
| Supervisi terhadap salah satu guru yunior yang satu rumpun | Mengimplementasikan bagaimana melakukan supervisi akademik | 1. Adanya perangkat pembelajaran (silabus, RPP dan bahan ajar) 2. Adanya instrumen supervisi akademik (pertemuan awal, obs.kelas, dan feedback serta tindak lanjut hasil supervisi) | 2 x 45 menit di sekolah sendiri | 1. Ada laporan hasil supervisi, (bukti fisik telah melakukan supervisi) 2. Adanya ttd guru yunior, calon kepala sekolah dan diketahui oleh kepala sekolah 3. Laporan memuat komponen: mulai dari pertemuan awal/praobservasi, observasi pembelajaran, feedback hasil pengamatan supervisi akademik di sekolahnya) | |
12 | RTK | Menyusun rencana tindak kepemimpinan di sekolah sendiri | 1. Adanya rencana tindak kepemimpinan yang terbaik yang berbasis evaluasi diri dan evaluasi sekolah 2. | 40 x 45 menit di sekolah sendiri | 1. Ada laporan hasil hasil RTK ( bukti fisik telah melakukan RTK ) 2. Laporan diketahui oleh Kepala sekolah 3. Laporan memuat komponen: sesuai panduan OJL | |
Jeneponto, 14 September 2011
Mengetahui,
Koordinator / PJBA Peserta Calon Kepala Sekolah
DR.ANDI MULIATI AM, M.M MUSTARI, S.Pd
NIP. 19571231 198603 2 003 NIP. 19680502 199307 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar