RENCANA
KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH
(RKAS)
SMP MENUJU SEKOLAH STANDAR
NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 - 2016/2017
SMP NEGERI 4 RUMBIA
KABUPATEN JENEPONTO
PROVINSI SULAWESI SELATAN
BIMBINGAN
TEKNIS PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
PADA SMP
POTENSIAL MENUJU SSN TAHUN 2013
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
DIREKTORAT
PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
AGUSTUS 2013
LEMBAR
PENGESAHAN
RENCANA
KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH
(RKAS)
SMP MENUJU SEKOLAH STANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
SMP
NEGERI 4 RUMBIA
KABUPATEN JENEPONTO PROVINSI SULAWESI SELATAN
Disusun
oleh :
Makassar,
30 Agustus 2013
Kepala SMP Negeri 4 Rumbia Penanggungjawab Program
MUSTARI,
S.Pd RUDY HERMAWAN, S.Pd
NIP.19680502
199307 1 001 NIP.
19781010
200902 1 003
Menyetujui,
Nara
Sumber
Drs.
SUPARNO, M.Pd
NIP.
19580207 197803 1 006
A.
PENDAHULUAN
SMP
Negeri 4 Rumbia merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar milik pemerintah
yang keberadaannya ditujukan untuk mewujudkan program pemerintah yaitu
“Mencerdaskan kehidupan bangsa”. Hal ini sesuai dengan Pembukaan Undang-Undang
Dasar 1945 Alenia 4. dan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Oleh karena itu SMP Negeri 4 Rumbia secara kontinyu selalu berusaha
untuk meningkatkan kualitas dalam penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun.
Peningkatan dan pengembangan sektor
pendidikan dengan memperluas dan meningkatkan kualitas pelayanan di dunia
pendidikan kepada masyarakat yang didukung oleh tenaga pendidik yang
berkualitas dan profesional sehingga kinerja bidang pendidikan di Kabupaten Jeneponto dapat
dievaluasi dan terukur sesuai harapan masyarakat. Peningkatan kualitas sumber
daya manusia melalui pendidikan merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam
rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil. Mengacu pada tujuan
tersebut maka SDM yang baik merupakan
kebutuhan tenaga kerja pada setiap sektor ekonomi untuk angkatan kerja
dan sederajat merupakan dasar pertimbangan yang paling rasional. Oleh sebab itu
pemerintah dalam hal ini Dinas
Pendidikan Nasional melalui Direktorat
Dikdasmen punya kewenangan dan otoritas dalam membangun USB-SMP guna ke
depan menyiapkan SDM yang handal.
Kondisi dan perkembangan dunia
pendidikan di Kabupaten Jeneponto senantiasa
berkaitan tersedianya sekolah sebagai sarana
dengan bertitik tolak pada perkembangan potensi ekonomi sektoral di
setiap wilayah. Salah satu pendekatan yang dilakukan oleh Direktorat Pembinaan
SMP Dirjen Dikdasmen adalah membuka sekolah baru didasarkan pada pengkajian dan
analisis potensi wilayah yang meliputi; kondisi geografis, demografis, dan
tingkat produktivitas sektor ekonomi seperti: pertanian, perikanan,
pertambangan, industri pengolahan, dan sektor lainnya.
Pertumbuhan di bidang ilmu pengetahuan
dan teknologi mulai digerakan melalui program pengembangan sarana dan prasarana
pembelajaran melalui ITC.Pengembangan kerja sama melalui program pemerintah
pusat tentang sosialisasi pembelajaran yang muktakhir, memungkinkan daerah ini
mencapai tujuan tersebut yang diawali pembangunan perangkat keras layanan
internet pada beberapa titik strategis. Program ini sangat urgen dan tepat,
karena melalui layanan informasi dan komunikasi yang mutakhir dapat
meningkatkan mutu peserta didik serta unsur lainnya yang berpengaruh dalam
peningkatan kualitas pendidikan.
Perkembangan pendidikan di
kabupaten Jeneponto telah menunjukkan pergerakan yang positif.
Dilihat dari peningkatan kualitas pendidikan, untuk sekolah menengah, untuk tahun pelajaran 2012/2013 ini tingkat
kelulusan siswa SMP hampir seratus persen. Di tahun 2012 lalu sudah sebagian besar sekolah
juga diakreditasi.
Hal ini menunjukkan bahwa perhatian pemerintah daerah melalui
dinas pendidikan dalam hal peningkatan mutu tak dapat diragukan lagi.
Namun, selama ini pembangunan sektor
pendidikan di kabupaten Jeneponto masih sangat bertumpu dan menggantungkan harapan setinggi-tingginya terhadap anggaran
APBN, atau anggaran pusat lainnya. Hal ini karena faktor ekonomi sosial
masyarakat masih belum memberikan kontribusi positif untuk memberikan dukungan
terhadap dunia pendidikan. Isu sekolah gratis memberikan asumsi yang salah pada masyarakat bahwa dinas pendidikan atau
sekolah khususnya, sudah mampu membiayai seluruh kegiatan kependidikan peserta
didik secara utuh dan menyeluruh. Sementara pemerintah propinsi serta
pemerintah kabupaten belum mampu memberikan dukungan dana yang memadai dalam pelaksanaan
seluruh kegiatan kependidikan pada suatu satuan pendidikan.
Dalam kondisi seperti itu SMP Negeri 4 Rumbia mengkondisikan diri untuk tetap eksis dan
melaksanakan kegiatan kependidikan sebagai salah satu sekolah negeri yang
berada di pinggiran Utara Kecamatan Rumbia
Kabupaten Jeneponto, salah satu kecamatan yang berbatasan langsung dengan
Kab.Gowa dan Kab.Bantaeng. Ditinjau
dari letak geografis, posisi SMP Negeri 4
Rumbia berada pada wilayah
pegunungan sangat strategis untuk ukuran daerah terpencil. Sekolah ini terletak di
dekat perbatasan Kabupaten Gowa dengan Kabupaten Bantaeng, sehingga ada juga
siswa yang berasal dari kedua kabupaten
tersebut, di samping siswa-siswa yang berasal dari sekolah pendukung yang ada
di sekitar SMP Neg.4 Rumbia..
Sesuai dengan kebijakan
pemerintah pusat tentang penyelenggaraan pendidikan melalui operasionalisasi
kurikulum tingkat satuan pendidikan, kabupaten Jeneponto
secara umum sudah melaksanakan amanah tersebut dan tahun 2013 ini ada empat sekolah SMP yang sudah siap untuk
melaksanakan kurikulum 2013 yang berbasis sains.. Pelaksanaan kurikulum ini didukung oleh kegiatan
sosialisasi yang cukup baik, seperti pengefektivan kegiatan MKKS, MGMP, KKG,
dan kegiatan sosialisasi lainnya dalam upaya mempercepat pemahaman dan
penguasaan guru dan tenaga kependidikan dalam hal pengembangan kurikulum.
.
B. TUJUAN 1 TAHUN
1.
Standar Kompetensi Lulusan
a. Meningkatkan rata-rata pencapaian
nilai UN dari 5.50 menjadi 6.00
b. Meningktkan rata-rata pencapaian
nilai KKM untuk semua mata pelajaran dari 60 menjadi 65
2. Standar isi
a. Mewujudkan workshop pengembangan
KTSP antar guru disekolah dan MGMP
b. Menyediakan buku referensi dan
pendukung yang relevan dalam penyusunan silabus dan RPP tiap Mapel
3. Standar Proses
a. Mewujudkan pelatihan tentang proses
pembelajaran dan MGMP disekolah
b. Mewujudkan kegiatan pembelajaran
yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
4.
Standar Pendidik & Tenaga
Kependidikan
a.
Meningkatkan
kompetensi guru untuk menghasilkan karya ilmiah dengan pelatihan minimal 1
orang guru
b.
Meningkatkan
kompetensi tenaga kependidikan dari 4 tenaga kependidikan menjadi 10 tenaga
kependidikan
5.
Standar Sarana & Prasarana mapel
a.
Meningkatkan media pembelajaran yang memadai dari 50% menjadi
60%
b.
Meningkatkan
jumlah dan atau kualitas ruangan yang standar yang semula sudah 60% menjadi 65%
6.
Standar Pengelolaan
a.
Mewujudkan
kepemilikan dokumen RKS dan RKAS yang memenuhi standar
b.
Mewujudkan
pelaksanaan supervise, monitoring dan pelaporan sesuai standar
7.
Standar Pembiayaan
a.
Meningkatkan
sumber pendanaan dari 2 sumber menjadi 3 sumber pendanaan
b.
Meningkatkan
pengalokasian dana dengan tepat dari 4 SNP menjadi 8 SNP
8.
Standar Penilaian Pendidikan
a.
Meningkatkan
penguasaan teknik dan variasi penilaian dari 2 teknik/variasi
menjadi 4 teknik/variasi
b.
Mewujudkan
workshop penentuan KKM untuk semua guru
9.
Standar
lingkungan sekolah
a.
Mewujudkan
lingkungan yang bersih, indah dan kondusif dari 75% menjadi 85%
b.
Meningkatkan
kesadaran budaya bersih dari 75% warga
sekolah menjadi 85%
C. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA
1 TAHUN
No
|
Standar Nasional
Pendidikan
|
Kondisi
Saat Ini
|
Kondisi
1 Tahun mendatang
|
Besarnya
Tantangan
|
1
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
|||
a. Rata-rata nilai UN
b. Rata-rata KKM
|
5.50
60
|
6.00
65
|
0,50
5
|
|
2
|
Standar isi
|
|||
a. Buku KTSP yang standar
b. Renacana Pelaksanaan Pembelajaran
|
1 buku KTSP 25 indikator
5 org
|
1 buku KTSP
30 indikator
11 org
|
5 indikator
6 orang
|
|
3
|
Standar Proses
|
|||
a. Kepemilikan sumber/bahan ajar
b. Pelaksanan pembelajaran aktif
inovatif kreatif dan menyenangkan
|
1 : 4
3 org
|
1:2
11 org
|
1:2
8 orang
|
|
4
|
Standar Pendidik & Tenaga Kependidikan
|
|||
a.
Pelatihan
Guru
b.
Pelatihan
tenaga kependidikan
|
3 org
Tidak ada
|
5 org
2 org
|
2 org
2org
|
|
5
|
Standar Sarana & Prasarana
|
|||
a.
Media pembelajaran
b.
Sarana
dan prassrana lainnya
|
25%
60%
|
50%
70%
|
25%
10%
|
|
6
|
Standar Pengelolaan
|
|||
a.
Dokumen
RKS dan RKAS
b.
Supervisi,
monitoring dan evaluasi
|
Ada belum standar
1 dokumen
|
1 buku standar
3 dokumen
|
1 buku standar
2 dokumen
|
|
7
|
Standar Pembiayaan
|
|||
a.
Sumber
dana
b.
Pengalokasian
dana
|
2 sumber
5 SNP
|
3 smbr
8 SNP
|
1 sumber
3 sumber
|
|
8
|
Standar Penilaian Pendidikan
|
|||
a.
Pengembangan
Teknik dan variasi penilaian
b.
Pelaksanaan
penilaian
|
2 teknik/
variasi
5 org
|
4 teknik/
variasi
11 org
|
2 teknik/
variasi
6 org
|
|
9
|
Standar lingkungan sekolah
|
|||
a.
lingkungan
yang bersih, indah dan kondusif
b.
budaya
bersih terhadap seluruh warga sekolah
|
75%
75%
|
90%
90%
|
15%
15%
|
D. RENCANA KEGIATAN SEKOLAH
1. Standar
kompetensi lulusan
Tujuan 1 : Meningkatkan
rata-rata pencapaian nilai UN dari 5.50 menjadi 6.00
Kegiatan 1 : Mengadakan pemantapan
materi mapel UN
Rincian
Kegiatan :
a.
Pembentukan panitia
b.
Penyusunan perencanaan
c.
Pelaksanaan kegiatan
d.
Pelaporan
Kegiatan 2 : Mengadakan Try out UN
Rincian
Kegiatan :
a.
Pembentukan panitia
b.
Penyusunan perencanaan
c.
Pelaksanaan kegiatan
d.
Pelaporan
Tujuan 2 : Meningktkan
rata-rata pencapaian nilai KKM untuk semua mata pelajaran dari 65 menjadi 70
Kegiatan : Workshop penentuan KKM
Rincian
Kegiatan :
a.
Pembentukan panitia
b.
Penyusunan perencanaan
c.
Pelaksanaan kegiatan
d.
Pelaporan
2. Standar isi
Tujuan :
Mengadakan workshop pengembangan KTSP
Kegiatan :
workshop pengembangan KTSP
Rincian
Kegiatan :
a.
Pembentukan Panitia
b.
Penyusunan perencanaan
c.
Pelaksanaan kegiatan
d. Pelaporan
Tujuan :
Menyiapkan buku pendukung dan referensi pembuatan RPP
Kegiatan : Pengadaan buku pendukung dan referensi
pembuatan RPP
Rincian
Kegiatan :
a.Pembentukan Panitia
b.Penyusunan perencanaan
c.Pelaksanaan Kegiatan
d.Pelaporan
3. Standar Proses
Tujuan : Mewujudkan kepemilikan sumber/bahan ajar
dari perbandingan 1:4 dari jumlah siswa menjadi 1:2
Kegiatan : Penambahan sumber ajar
Rincian
Kegiatan
a.
Pembentukan panitia
b.
Penyusunan perencanaan
c. Pelaksanaan
kegiatan
d.
Pelaporan
Tujuan : Meningkatkan jumlah guru yang mampu
melaksanakan pembelajaran secara aktif inovatif kratif dan menyenangkan dari 3
guru menjadi 11 guru
Kegiatan : Workshop pembelajaran
aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan
Rincian
Kegiatan
a.
Pembentukan panitia
b.
Penyusunan perencanaan
c.
Pelaksanaan kegiatan
d.
Pelaporan
4. Standar Pendidik & Tenaga Kependidikan
Tujuan 1 : Meningkatkan
kompetensi pedagogik dari 3 orang guru menjadi 5 orang guru
Kegiatan : Pelatihan kompetensi Pedagogik
Rincian
Kegiatan
a.
Pembentukan panitia
b.
Penyusunan perencanaan
c.
Pelaksanaan kegiatan
d.
Pelaporan
Tujuan 2 : Meningkatkan
kompetensi tenaga kependidikan dari tidak ada menjadi 2 tenaga kependidikan
Kegiatan : Pembimbingan pengoperasian
komputer
Rincian
Kegiatan
a.
Pembentukan panitia
b.
Penyusunan perencanaan
c.
Pelaksanaan kegiatan
d.
Pelaporan
5. Standar Sarana dan Prasarana
Tujuan 1 : Meningkatkan
media pembelajaran yang memadai dari 25% menjadi 50%
Kegiatan : Penambahan /
pengadaan media pembelajaran
Rincian
Kegiatan
a.
Pembentukan panitia
b.
Penyusunan perencanaan
c.
Pelaksanaan kegiatan
d.
Pelaporan
Tujuan 2 : meningkatkan
jumlah dan atau kualitas ruangan yang standar dari 60% menjadi 70%
Kegiatan : Perbaikan/rehab ruang kelas
Rincian
Kegiatan
a.
Penentuan pelaksanaan dan rincian anggaran
b.
Pelaksanaan kegiatan
c.
Pelaporan
6. Standar Pengelolaan
Tujuan 1 : Mewujudkan
kepemilikan dokumen RKS dan RKAS yang memenuhi standar
Kegiatan : Workshop penyusunan RKS dan RKAS
Rincian
Kegiatan
a.
Pembentukan panitia
b.
Penyusunan perencanaan
c.
Pelaksanaan kegiatan
d.
Pelaporan
Tujuan 2 : Mewujudkan
dokumen supervisi, monitoring dan pelaporan dari 1 dokumen
menjadi 3 dokumen
Kegiatan : Pembuatan dokumen supervisi, monitoring dan
pelaporan
Rincian
Kegiatan
a.
Penentuan petugas/tim penyusun dokumen supervisi, monitoring dan pelaporan
b.
Penyusunan dokumen supervisi, monitoring dan pelaporan
c.
Pelaksanaan supervisi, monitoring dan pelaporan
7. Standar Pembiayaan
Tujuan 1 : Meningkatkan
sumber pendanaan dari 2 sumber menjadi 3 sumber pendanaan
Kegiatan : Mengusahakan
penambahan sumber dana
Rincian
Kegiatan
a.
Pembentukan Tim
b.
Melakukan kerjsama dengan steakholder
c.
Pelaporan
Kegiatan : Mengalokasikan dana untuk 8 SNP
Rincian
Kegiatan
a.
Pembentukan Tim pengalokasian dana
b.Perencanaan
alokasi dana
b.
Pelaksanaan pengalokasian 8 SNP
c.
Pelaporan
8. Standar Penilaian Pendidikan
Tujuan 1 : Meningkatkan
penguasaan teknik dan variasi penilaian dari 2 teknik/variasi menjadi 4
teknik/variasi
Kegiatan : Workhop
penyusunan teknik dan variasi penilaian
Rincian
Kegiatan
a.
Pembentukan panitia
b.
Perencanaan
c.
Pelaksanaan
d.
Pelaporan
Tujuan 2 : Meningkatkan
penerapan teknik dan variasi penilaian dari 5 orang menjadi 11 orang
Kegiatan : Supervisi
penerapan teknik dan variasi penilaian
Rincian
Kegiatan
a.
Pembentukan Tim
b.
pembuatan instrumen dan jadwal
supervisi
c.
Pelaksanaan Supervisi
d.
Pelaporan
9. Standar
lingkungan sekolah
Tujuan 1 : Mewujudkan
lingkungan yang bersih, indah dan kondusif dari 75% menjadi 90%
Kegiatan 1: Pembenahan sanitasi dan tempat sampah
Kegiatan 2 : Penambahan alat-alat kebersihan
Rincian
Kegiatan
a.
Pembentukan Tim
b.
Pembuatan perencanaan
c.
Pelaksanaan
d.
Pelaporan
Tujuan 2 : Meningkatkan
kesadaran budaya bersih dari 75% warga
sekolah menjadi 90%
Kegiatan : Pelaksanaan
Senin dan Jumat bersih disekolah
Rincian
Kegiatan
a.
Penentuan tim pelaksana
b. Penentuan
perencanaan dan aturan main
c.
Pelaksnaan
d.
Pelaporan
E. RENCANA BIAYA
File
Excel
F.
SUPERVISI,
PEMANTAUAN DAN EVALUASI
1.
Personil
yang bertugas
a.
Pengawas
b.
Kepala
Sekolah
c.
Wakil
Kepala Sekolah /Urusan Kurikulum
d.
Urusan
Kesiswaan
e.
Urusan
Sarana Prasarana
2.
Kegiatan
ini dilakukan mulai perencanaan sampai dengan tahap pelaporan
G. JADWAL PELAKSANAAN
Excel
H. LAMPIRAN
Profil
sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar