RENCANA KERJA SEKOLAH
(RKS)
SMP
MENUJU SEKOLAH STANDAR NASIONAL
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014 - 2016/2017
SMP
NEGERI 4 RUMBIA
KABUPATEN
JENEPONTO
PROVINSI
SULAWESI SELATAN
BIMBINGAN TEKNIS PEMENUHAN STANDAR
NASIONAL PENDIDIKAN
PADA SMP POTENSIAL MENUJU SSN TAHUN
2013
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA
AGUSTUS 2013
LEMBAR
PENGESAHAN
RENCANA
KERJA SEKOLAH (RKS)
SMP
MENUJU SEKOLAH STANDAR NASIONAL
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014-2016/2017
SMP NEGERI 4 RUMBIA
KABUPATEN
JENEPONTO PROVINSI SULAWESI SELATAN
Disusun oleh :
Makassar,
30 Agustus 2013
Kepala
SMP Negeri 4 Rumbia Penanggungjawab
Program
MUSTARI, S.Pd RUDY HERMAWAN, S.Pd
NIP.19680502 199307 1 001 NIP.
19781010 200902 1 003
Menyetujui,
Nara Sumber
Drs. SUPARNO, M.Pd
NIP. 19580207 197803 1 006
A. PENDAHULUAN
Tujuan pendidikan Nasional seperti yang
tercatum dalam Undang- Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara
demokratis serta bertanggung jawab.
Selanjutnya untuk mencapai tujuan tersebut
pemerintah pusat menetapkan standarisasi pendidikan yang ditegaskan dalam
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
(SNP). Yang dimaksudkan dengan SNP adalah kriteria minimal tentang berbagai
aspek yang relevan dalam pelaksanaan sistem pendidikan nasional yang harus
dipenuhi oleh penyelenggara atau satuan pendidikan. Standar ini merupakan
landasan atau pedoman pengembangan satuan pendidikan yang pengelolaannya
diberikan kewenangan seluas-luasnya kepada pemerintah kabupaten/kota serta pada
satuan pendidikan yang bersangkutan. SNP dimaksudkan sebagai acuan pengembangan
dan pengendalian pendidikan, seperti pengembangan kurikulum, kompetensi
lulusan, penilaian, proses pembelajaran, tenaga kependidikan, sarana dan
prasarana, pengelolaan dan pembiayaan dan penilaian pendidikan.
Dalam
mengimplementasikan pelaksanaan delapan
standar nasional pendidikan tersebut di atas hendaknya memperhatikan berbagai
faktor eksternal yang dapat berpengaruh dalam penyelenggaraan
pendidikan,khususnya di tingkat satuan pendidikan.
SMP Negeri 4 Rumbia berada
dikawasan gunung dan daerah perbatasan 3 Kabupaten yaitu Kab. Jeneponto, Kab.
Bantaeng dan Kab. Gowa. Masyarakatnya sebagian besar adalah petani dan
peternak, namun banyak juga yang merantau keluar Sulawesi sehingga terkadang
siswa juga harus mengikuti orang tua mereka.
B. VISI SEKOLAH
Berprestasi, Berbudaya, berdasarkan Iman dan taqwa
Dengan Indikator:
a.
Terwujudnya
peserta didik yang
cerdas,berprestasi dan kompetitif.
b.
Terwujudnya
kurikulum yang adaptif and proaktif
c.
Terwujudnya
tenaga pendidik dan kependidikan yang tangguh,taat pada nilai-nilai agama dan
kesopanan.
d.
Terwujudnya
proses belajar yang efektif,efesien dalam
penanaman nilai budaya
e.
Terwujudnya
sarana dan prasarana pendidikan yang relevan
dan mutakhir
f.
Terwujudnya
manajemen sekolah yang tangguh,berbudi dan
berbudaya
g.
Terwujudnya
penggalangan dan pengelolaan dana yang terpercaya
h.
Terwujudnya sistem
penilaian yang otentik
C. MISI SEKOLAH
a.
Mewujudkan pendidikan yang
menghasilkan lulusan yang cerdas,terampil,beriman dan bertaqwa dan memiliki keunggulan kompetitif
b.
Mewujudkan kurikulum yang
lengkap,mutakhir,dan berwawasan ke depan
c.
Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan
yang tangguh, berbudidan berbudaya
d.
Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang
aktif,kreatif,efektif dan menyenangkan
e.
Mewujudkan fasilitas sekolah yang
relevan,mutakhir,dan berwawasan ke depan
f.
Mewujudkan manajemen berbasis sekolan yang
tangguh,berbudi dalam bertindak;
berbudaya dan dipercaya dalam penyelenggaraan pendidikan
g.
Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang
memadai,wajar dan adil.
h.
Mewujudkan sistem penilaian yang otentik
D. TUJUAN SEKOLAH
Mengingat
visi merupakan tujuan jangka panjang maka tujuan yang akan dicapai selama 4
(empat) tahun mendatang adalah :
1.
Standar Kompetensi Lulusan
a. Sekolah
mampu memenuhi
peningkatan nilai rata-rata UN
b. Sekolah mampu memenuhi peningkatan
rata-rata KKM
2. Standar isi
a. Sekolah mampu menghasilkan KTSP dokumen 1 dan
2
b. Sekolah mampu menghasilkan Silabus
dan RPP semua mata pelajaran
3. Standar Proses
a.
Sekolah mampu memenuhi kepemilikan sumber/bahan ajar
yang memadai
b. Sekolah mampu mewujudkan pelaksanaan
pembelajaran aktif inovatif kratif dan menyenangkan
4.
Standar Pendidik & Tenaga
Kependidikan
a.
Sekolah
mampu mewujudkan peningkatan kualifikasi dan profesionalme guru
b.
Sekolah
mampu mewujudkan peningkatan kualifiksi dan profesionalisme tenaga kependidikan
5.
Standar Sarana & Prasarana
a.
Sekolah
mampu mewujudkan sarana pembelajaran yang memadai
b.
Sekolah
mampu mewujudkan berbagai ruangan yang standar
6.
Standar Pengelolaan
a.
Sekolah
mampu mewujudkan dokumen rencana kerja/ rencana kegiatan
b.
Sekolah
mampu mewujudkan pelaksanaan supervisi, monitoring dan pelaporan
7.
Standar Pembiayaan
a.
Sekolah
mampu mewujdkan penggalian dana dari
berbagai sumber
b.
Sekolah
mampu mewujudkan pengalokasian dana dengan tepat
8.
Standar Penilaian Pendidikan
a.
Sekolah
mampu mewujudkan pengembangan berbagai teknik dan variasi penilaian
b.
Sekolah
mampu mewujudkan pelaksanan berbagai teknik dan variasi penilaian
9.
Standar
lingkungan sekolah
a.
Sekolah
mampu mewujudkan lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
b.
Sekolah
mampu mewujudkan budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah
E. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA
4 TAHUN
No
|
Standar Nasional
Pendidikan
|
Kondisi
Saat Ini
|
Kondisi
Ideal (SNP)
|
Besarnya
Tantangan
|
1
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
|
|
|
|
a. Rata-rata nilai UN
b. Rata-rata KKM
|
5.50
60
|
7.50
75
|
2.00
15
|
2
|
Standar isi
|
|
|
|
|
a. Buku KTSP yang standar
b. Silabus dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
|
1 buku KTSP 25 indikator
5 org
|
1 buku KTSP 32 indikator
11 org
|
7 indikator
6 org
|
3
|
Standar Proses
|
|
|
|
|
a.
Kepemilikan sumber/bahan ajar
b. Pelaksanan pembelajaran aktif
inovatif kratif dan menyenangkan
|
1 : 4
3 org
|
1:1
11 org
|
3
8 org
|
4
|
Standar Pendidik & Tenaga Kependidikan
|
|
|
|
|
a.
Pelatihan
Guru
b.
Pelatihan
tenaga kependidikan
|
3 org
Tidak ada
|
11 org
5 org
|
8 org
5 org
|
5
|
Standar Sarana & Prasarana
|
|
|
|
|
a.
Media pembelajaran
b.
Sarana
dan prasarana lainnya
|
25%
60%
|
100%
100%
|
75%
40%
|
6
|
Standar Pengelolaan
|
|
|
|
|
a.
Dokumen
RKS dan RKAS
b.
Dokumen
Supervisi, monitoring dan pelaporan
|
Ada belum standar
1 dokumen
|
1 buku standar
3 dokumen
|
1 buku standar
2 dokumen
|
7
|
Standar Pembiayaan
|
|
|
|
|
a.
Sumber
dana
b.
Pengalokasian
dana
|
2 sumber
5 SNP
|
3 sumber
8 SNP
|
1 sumber
3 SNP
|
8
|
Standar Penilaian Pendidikan
|
|
|
|
|
a.
Pengembangan
Teknik dan variasi penilaian
b.
Pelaksanaan
penilaian
|
2 teknik/
variasi
5 org
|
5 teknik/
variasi
11 org
|
3 teknik/
variasi
6 org
|
9
|
Lingkungan dan Budaya Sekolah
|
|
|
|
|
a.
Lingkungan
yang bersih, indah dan kondusif
b.
Budaya
bersih terhadap seluruh warga sekolah
|
75%
75%
|
100%
100%
|
25%
25%
|
F.
PROGRAM
STRATEGIS
1.
Pemenuhan
standar kompetensi lulusan
Dengan
program strategisnya :
a.
Peningktan
rata-rata nilai UN
b.
Peningkatan
rata-rata KKM
2. Pemenuhan Standar isi
Dengan
program strategisnya :
a. Pengembangan KTSP yang standar
b. Pengembangan Silabus dan RPP yang
baik
3. Pemenuhan Standar Proses
Dengan
program strategisnya :
a. Pemenuhan ketersediaan sumber/bahan
ajar yang memadai
b. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
aktif inovatif kratif dan menyenangkan
4.
Pemenuhan
Standar Pendidik & Tenaga Kependidikan
Dengan
program strategisnya :
a.
Peningkatan
pelatihan guru
b.
Peningkatan
pelatihan tenaga kependidikan
5.
Pemenuhan
Standar Sarana & Prasarana
Dengan program strategisnya :
a.
Pemenuhan
media pembelajaran
b.
Pemenuhan
sarana dan prasarana lainnya
6.
Pemenuhan
Standar Pengelolaan
Dengan program strategisnya
:
a.
Pemenuhan
dokumen RKS dan RKAS
b.
Peningkatan
supervisi, monitoring dan pelaporan
7.
Pemenuhan
Standar Pembiayaan
Dengan program strategisnya
:
a.
Peningkatan
Sumber dana
b.
Pemenuhan
Pengalokasian dana
8.
Pemenuhan
Standar
Penilaian Pendidikan
Dengan program strategisnya
:
a.
Pengembangan
Teknik dan variasi penilaian
b.
Pemenuhan
Pelaksanaan dengan berbagai teknik dan variasi penilaian
9.
Pemenuhan
Standar lingkungan
sekolah
Dengan program strategisnya
:
a.
Peningkatan
lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
b.
Peningkatan
budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah Sekolah mampu mewujudkan
lingkungan yangbersih, indah dan kondusif
G. STRATEGI PELAKSANAAN
1.
Dalam
program peningkatan nilai UN strateginya adalah melakukan berbgai langkah
antara lain pemantapan materi mapel UN, melaksanakan try out UN, menjalin
kerjasama dengan komite dan atau bimbel tertentu
2.
Dalam
program peningkatan KKM strateginya adalah memberdayakan seluruh potensi guru
untuk meningkatkan KKM dengan melalui bedah materi, diskusi guru mapel,
pemenuhan media pembelajaran, alat peraga untuk semua mata pelejaran.
3.
Dalam
program pengembangan KTSP yang memenuhi standar strateginya adalah koordinasi
dengan jejaring kurikuluum tingkat Kabupaten/Provinsi, komite dan steakholder
lain dalam melaksnkan workshop, lokakarya, seminar, in house training dan lain-lain untuk menghasilkan Kurikulum
Tingkat Satuan Penidikan
4.
Dalam
pengembangan Silabus dan RPP strateginya adalah melaksanakan kerjasama dengan
Forum MGMP tingkat Kabupaten/Sekolah
dalam penusunan Silabus dan Rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik
5.
Dalam
program pemenuhan ketersedian sumber/bahan ajar strateginya adalah bekerjasama
dengan pihak pengembang di tingkat kabupaten, provinsi, komite dan steakholder
untuk pemenuhan
ketersediaan sumber/bahan ajar yang memadai
6.
Dalam
program peningkatan pelaksanaan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan
menyenangkan strateginya adalah kerjasama dengan pihak Instruktur, forum MGMP di tingkat
kabupaten, dan steakholder untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran aktif inovatif kratif dan
menyenangkan
7.
Dalam
peningkatan pelatihan guru strateginya adalah bekerjasama dengan pengawas atau
narasumber / instruktur untuk peningkatan profesionalisme Guru
8.
Dalam
meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan strateginya adalah bekerjasama
dengan pengawas atau narasumber yang berkompeten untuk Peningkatan profesionalisme
tenaga kependidikan
9.
Bekerjasama
dengan instansi terkait, komite sekolah dan steakholder yang lain guna memenuhi
media pembelajaran
10.
Bekerjasama
dengan instansi terkait, komite sekolah dan steakholder yang lain guna memenuhi
Sarana dan prassrana lainnya
11.
Pemberdayaan
tim pengembang sekolah untuk dapat
menyusun dokumen RKS dan RKAS secara lengkap
12.
Memberdyakan
guru-guru senior untuk merencanakan dan melaksnakn kegiatan supervisi,
monitoring dan evaluasi
13.
Kerjasama
dengan instansi terkait, komite sekolah dan steakholder guna memenuhi
ketersedian Sumber dana
14.
Memberdyakan
dana untuk memenuhi seluruh standar nasional pendidikan
15.
Bekerjasama
dengan pengawas atau narasumber yng lain untuk peningkatan pemahaman terhadap
berbagai teknik dan variasi penilaian
16.
Bekerjasama
dengan pengawas atau narasumber yng lain untuk peningkatan pelaksanaan terhadap
berbagai variasi instrumen penilaian
17.
Pemberdayan
seluruh steakholder sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, indah dan
kondusif
18.
Pemberdayan
seluruh steakholder sekolah untuk mewujudkan budaya bersih terhadap seluruh
warga sekolah
H. HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil
yang diharapkan tercapai atau terpenuhi dari program-program di ats antara lain
:
1.
Terealisasinya
peningkatan nilai rata-rata UN
2.
Terealisasinya
peningktan nilai KKM
3.
Terealisasinya
dokumen KTSP yang standar
4.
Terealisasinya
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk semua mapel
6.
Terealisasinya
pembelajaran aktif inovatif kratif dan menyenangkan
7.
Terealisasinya
peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru
8.
Terealisasinya
peningkatan kompetensi dan profesionalisme tenaga kependidikan
9.
Terealisasinya
pemenuhan
media pembelajaran
10.
Terealisasinya
pemenuhan
sarana dan prassrana lainnya
11.
Terealisasinya
Pemenuhan
dokumen RKS dan RKAS
12.
Terealisasinya
peningkatan
supervisi, monitoring dan pelaporan
13.
Terealisasinya
peningkatan
sumber dana
14.
Terealisasinya
pemenuhan
pengalokasian dana
15.
Terealisasinya
peningkatan dan pemahaman tentang teknik dan variasi
penilaian
16.
Terealisasinya
peningkatan
dan pemahaman tentang pelaksanaan penilaian
17.
Terealisasinya
peningkatan lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
18.
Terealisasinya
peningkatan budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah sekolah mampu
mewujudkan lingkungan yangbersih, indah dan kondusif
Indikator
keberhasilan dapat ditabulasikan sebagai berikut
:
No
|
Standar
Nasional Pendidikan
|
Tahun 13/14
|
Tahun
14/15
|
Tahun
15/16
|
Tahun
16/17
|
1
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
|
|
|
|
|
a. Rata-rata nilai UN
b. Rata-rata KKM
|
5.50
60
|
6.00
65
|
6.50
70
|
7.50
75
|
2
|
Standar isi
|
|
|
|
|
|
a. Buku KTSP yang standar
b. Silabus dan Renacana
Pelaksanaan Pembelajaran
|
1 buku KTSP
25 indikator
5 org
|
1 buku KTSP
32 indikator
11 org
|
1 buku KTSP
32 indikator
11 org
|
1 buku KTSP
32 indikator
11 org
|
3
|
Standar Proses
|
|
|
|
|
|
c. Kepemilikan sumber/bahan ajar
d. Pelaksanan pembelajaran aktif
inovatif kratif dan menyenangkan
|
1:2
3 org
|
1:1
11 org
|
1:1
11 org
|
1:1
11 org
|
4
|
Standar Pendidik & Tenaga
Kependidikan
|
|
|
|
|
|
a.
Pelatihan
Guru
b.
Pelatihan
tenaga kependidikan
|
2 org
1org
|
5 org
2 org
|
8 org
3 org
|
11 org
5 org
|
5
|
Standar Sarana & Prasarana
|
|
|
|
|
|
a.
Media pembelajaran
b.
Sarana
dan prasarana lainnya
|
50%
70%
|
75%
80%
|
100%
100%
|
100%
100%
|
6
|
Standar Pengelolaan
|
|
|
|
|
|
a.
Dokumen
RKS dan RKAS
b.
Supervisi,
monitoring dan evaluasi
|
1 buku standar
3 buku
|
1 buku standar
3 buku
|
1 buku standar
3 buku
|
1 buku standar
3 buku
|
7
|
Standar Pembiayaan
|
|
|
|
|
|
a.
Sumber
dana
b.
Pengalokasian
dana
|
3 smbr
8 SNP
|
4 smbr
9 SNP
|
4 smbr
9 SNP
|
4 smbr
9 SNP
|
8
|
Standar Penilaian Pendidikan
|
|
|
|
|
|
a.
Teknik
dan variasi penilaian
b.
Pelaksanaan
penilaian
|
4 variasi
11 org
|
5 variasi
11 org
|
5 variasi
11 org
|
5 variasi
11 org
|
9
|
Standar lingkungan sekolah
|
|
|
|
|
|
a.
Lingkungan
yang bersih, indah dan kondusif
b.
Budaya
bersih terhadap seluruh warga sekolah
|
90%
90%
|
100%
100%
|
100%
100%
|
100%
100%
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar