Selasa, 22 September 2015

RENCANA KERJA SEKOLAH



RENCANA KERJA SEKOLAH
(RKS)


SMP MENUJU SEKOLAH STANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2013/2014 - 2016/2017
SMP NEGERI 4 RUMBIA
KABUPATEN JENEPONTO 
PROVINSI SULAWESI SELATAN











BIMBINGAN TEKNIS PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
PADA SMP POTENSIAL MENUJU SSN TAHUN 2013
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
AGUSTUS 2013

LEMBAR PENGESAHAN

RENCANA KERJA  SEKOLAH (RKS)


SMP MENUJU SEKOLAH STANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2013/2014-2016/2017
SMP NEGERI 4 RUMBIA
KABUPATEN JENEPONTO  PROVINSI SULAWESI SELATAN






Disusun oleh :
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                Makassar, 30 Agustus 2013
Kepala SMP Negeri 4 Rumbia                                                                                                Penanggungjawab Program






MUSTARI, S.Pd                                                                                                       RUDY HERMAWAN, S.Pd
NIP.19680502 199307 1 001                                                                                      NIP. 19781010 200902 1 003

Menyetujui,
Nara Sumber






Drs. SUPARNO, M.Pd
NIP. 19580207 197803 1 006



A.  PENDAHULUAN
Tujuan pendidikan Nasional seperti yang tercatum dalam Undang- Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa  yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara demokratis serta bertanggung jawab.
      Selanjutnya untuk mencapai tujuan tersebut pemerintah pusat menetapkan standarisasi pendidikan yang ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Yang dimaksudkan dengan SNP adalah kriteria minimal tentang berbagai aspek yang relevan dalam pelaksanaan sistem pendidikan nasional yang harus dipenuhi oleh penyelenggara atau satuan pendidikan. Standar ini merupakan landasan atau pedoman pengembangan satuan pendidikan yang pengelolaannya diberikan kewenangan seluas-luasnya kepada pemerintah kabupaten/kota serta pada satuan pendidikan yang bersangkutan. SNP dimaksudkan sebagai acuan pengembangan dan pengendalian pendidikan, seperti pengembangan kurikulum, kompetensi lulusan, penilaian, proses pembelajaran, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan dan penilaian pendidikan.
Dalam mengimplementasikan pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan tersebut di atas hendaknya memperhatikan berbagai faktor eksternal yang dapat berpengaruh dalam penyelenggaraan pendidikan,khususnya di tingkat satuan pendidikan.
SMP Negeri 4 Rumbia berada dikawasan gunung dan daerah perbatasan 3 Kabupaten yaitu Kab. Jeneponto, Kab. Bantaeng dan Kab. Gowa. Masyarakatnya sebagian besar adalah petani dan peternak, namun banyak juga yang merantau keluar Sulawesi sehingga terkadang siswa juga harus mengikuti orang tua mereka.

B.  VISI SEKOLAH
Berprestasi, Berbudaya, berdasarkan Iman dan taqwa
Dengan Indikator:
a.        Terwujudnya peserta didik  yang cerdas,berprestasi dan kompetitif.
b.        Terwujudnya kurikulum yang adaptif and proaktif
c.        Terwujudnya tenaga pendidik dan kependidikan yang  tangguh,taat pada nilai-nilai agama dan kesopanan.
d.        Terwujudnya proses belajar yang efektif,efesien dalam penanaman nilai budaya
e.        Terwujudnya sarana dan prasarana pendidikan yang relevan dan mutakhir
f.         Terwujudnya manajemen sekolah yang tangguh,berbudi dan berbudaya
g.        Terwujudnya penggalangan dan pengelolaan dana yang terpercaya
h.        Terwujudnya sistem penilaian yang otentik


C.  MISI SEKOLAH
a.    Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang cerdas,terampil,beriman dan  bertaqwa dan memiliki keunggulan kompetitif
b.    Mewujudkan kurikulum yang lengkap,mutakhir,dan berwawasan ke depan
c.     Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang tangguh, berbudidan berbudaya
d.     Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang aktif,kreatif,efektif dan menyenangkan
e.     Mewujudkan fasilitas sekolah yang relevan,mutakhir,dan berwawasan ke depan
f.      Mewujudkan manajemen berbasis sekolan yang tangguh,berbudi dalam bertindak;  berbudaya dan dipercaya dalam penyelenggaraan pendidikan
g.     Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang memadai,wajar dan adil.
h.     Mewujudkan sistem penilaian yang otentik


D.  TUJUAN SEKOLAH
Mengingat visi merupakan tujuan jangka panjang maka tujuan yang akan dicapai selama 4 (empat) tahun mendatang adalah :
1.    Standar Kompetensi Lulusan
a.    Sekolah mampu memenuhi peningkatan nilai rata-rata UN
b.    Sekolah mampu memenuhi peningkatan rata-rata KKM
2.    Standar isi
a.    Sekolah mampu menghasilkan KTSP dokumen 1 dan 2
b.    Sekolah mampu menghasilkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran
3.    Standar Proses
a.    Sekolah mampu memenuhi kepemilikan sumber/bahan ajar yang memadai
b.    Sekolah mampu mewujudkan pelaksanaan pembelajaran aktif inovatif kratif dan menyenangkan
4.    Standar Pendidik & Tenaga Kependidikan
a.    Sekolah mampu mewujudkan peningkatan kualifikasi dan profesionalme guru
b.    Sekolah mampu mewujudkan peningkatan kualifiksi dan profesionalisme tenaga kependidikan
5.    Standar Sarana & Prasarana
a.    Sekolah mampu mewujudkan sarana pembelajaran yang memadai
b.    Sekolah mampu mewujudkan berbagai ruangan yang standar
6.    Standar Pengelolaan
a.    Sekolah mampu mewujudkan dokumen rencana kerja/ rencana kegiatan
b.    Sekolah mampu mewujudkan pelaksanaan supervisi, monitoring dan pelaporan
7.    Standar Pembiayaan
a.    Sekolah mampu mewujdkan penggalian dana dari  berbagai sumber
b.    Sekolah mampu mewujudkan pengalokasian dana dengan tepat
8.    Standar Penilaian Pendidikan
a.   Sekolah mampu mewujudkan pengembangan berbagai teknik dan variasi penilaian
b.   Sekolah mampu mewujudkan pelaksanan berbagai teknik dan variasi  penilaian
9.    Standar lingkungan sekolah
a.    Sekolah mampu mewujudkan lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
b.   Sekolah mampu mewujudkan budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah


E.  IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA 4  TAHUN
No
Standar Nasional Pendidikan
Kondisi Saat Ini
Kondisi Ideal (SNP)
Besarnya Tantangan
1
Standar Kompetensi Lulusan




a.    Rata-rata nilai UN
b.    Rata-rata KKM
5.50
60
7.50
75
2.00
15
2
Standar isi




a.    Buku KTSP yang standar


b.    Silabus dan Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran
1 buku KTSP 25 indikator

5 org

1 buku KTSP 32 indikator

11 org

7 indikator


6 org

3
Standar Proses




a.    Kepemilikan sumber/bahan ajar
b.    Pelaksanan pembelajaran aktif inovatif kratif dan menyenangkan
1 : 4
3 org

1:1
11 org
3
8 org

4
Standar Pendidik & Tenaga Kependidikan




a.    Pelatihan Guru
b.    Pelatihan tenaga kependidikan
3 org
Tidak ada
11 org
5 org
8 org
5 org
5
Standar Sarana & Prasarana




a.    Media  pembelajaran
b.    Sarana dan prasarana lainnya
25%
60%
100%
100%
75%
40%
6
Standar Pengelolaan




a.    Dokumen RKS dan RKAS


b.    Dokumen Supervisi, monitoring dan pelaporan
Ada belum standar

1 dokumen

1 buku standar

3 dokumen
1 buku standar

2 dokumen
7
Standar Pembiayaan




a.    Sumber dana 
b.    Pengalokasian dana
2 sumber
5 SNP
3 sumber
8 SNP
1 sumber
3 SNP
8
Standar Penilaian Pendidikan




a.    Pengembangan Teknik dan variasi penilaian
b.   Pelaksanaan penilaian
2 teknik/
variasi
5 org
 5 teknik/
variasi
11 org
3 teknik/
variasi
6 org
9
Lingkungan dan Budaya Sekolah




a.   Lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
b.   Budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah
75%

75%

100%

100%
25%

25%



F.   PROGRAM STRATEGIS
1.    Pemenuhan standar kompetensi lulusan
Dengan program strategisnya :
a.    Peningktan rata-rata nilai UN
b.    Peningkatan rata-rata KKM
2.    Pemenuhan Standar isi
Dengan program strategisnya :
a.   Pengembangan KTSP yang standar
b.   Pengembangan Silabus dan RPP yang baik
3.    Pemenuhan Standar Proses
Dengan program strategisnya :
a.    Pemenuhan ketersediaan sumber/bahan ajar yang memadai
b.    Peningkatan pelaksanaan pembelajaran aktif inovatif kratif dan menyenangkan
4.    Pemenuhan Standar Pendidik & Tenaga Kependidikan
Dengan program strategisnya :
a.    Peningkatan pelatihan guru
b.    Peningkatan pelatihan tenaga kependidikan
5.    Pemenuhan Standar Sarana & Prasarana
Dengan program strategisnya :
a.      Pemenuhan media pembelajaran
b.      Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
6.    Pemenuhan Standar Pengelolaan
Dengan program strategisnya :
a.    Pemenuhan dokumen RKS dan RKAS
b.    Peningkatan supervisi, monitoring dan pelaporan
7.    Pemenuhan Standar Pembiayaan
Dengan program strategisnya :
a.    Peningkatan Sumber dana 
b.    Pemenuhan Pengalokasian dana
8.    Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan
Dengan program strategisnya :
a.    Pengembangan Teknik dan variasi penilaian
b.    Pemenuhan Pelaksanaan dengan berbagai teknik dan variasi penilaian
9.    Pemenuhan Standar lingkungan sekolah
Dengan program strategisnya :
a.    Peningkatan lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
b.    Peningkatan budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah Sekolah mampu mewujudkan lingkungan yangbersih, indah dan kondusif

G.  STRATEGI  PELAKSANAAN
1.    Dalam program peningkatan nilai UN strateginya adalah melakukan berbgai langkah antara lain pemantapan materi mapel UN, melaksanakan try out UN, menjalin kerjasama dengan komite dan atau bimbel tertentu
2.    Dalam program peningkatan KKM strateginya adalah memberdayakan seluruh potensi guru untuk meningkatkan KKM dengan melalui bedah materi, diskusi guru mapel, pemenuhan media pembelajaran, alat peraga untuk semua mata pelejaran.
3.    Dalam program pengembangan KTSP yang memenuhi standar strateginya adalah koordinasi dengan jejaring kurikuluum tingkat Kabupaten/Provinsi, komite dan steakholder lain dalam melaksnkan workshop, lokakarya, seminar, in house training dan lain-lain untuk menghasilkan Kurikulum Tingkat Satuan Penidikan
4.    Dalam pengembangan Silabus dan RPP strateginya adalah melaksanakan kerjasama dengan Forum MGMP tingkat Kabupaten/Sekolah  dalam penusunan Silabus dan Rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik
5.    Dalam program pemenuhan ketersedian sumber/bahan ajar strateginya adalah bekerjasama dengan pihak pengembang di tingkat kabupaten, provinsi, komite dan steakholder untuk pemenuhan ketersediaan sumber/bahan ajar yang memadai
6.    Dalam program peningkatan pelaksanaan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan strateginya adalah kerjasama dengan pihak Instruktur, forum MGMP di tingkat kabupaten, dan steakholder untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran aktif inovatif kratif dan menyenangkan
7.    Dalam peningkatan pelatihan guru strateginya adalah bekerjasama dengan pengawas atau narasumber / instruktur untuk peningkatan profesionalisme Guru
8.    Dalam meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan strateginya adalah bekerjasama dengan pengawas atau narasumber yang berkompeten untuk Peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan
9.    Bekerjasama dengan instansi terkait, komite sekolah dan steakholder yang lain guna memenuhi media pembelajaran
10.  Bekerjasama dengan instansi terkait, komite sekolah dan steakholder yang lain guna memenuhi Sarana dan prassrana lainnya
11.  Pemberdayaan tim pengembang sekolah untuk  dapat menyusun dokumen RKS dan RKAS secara lengkap
12.  Memberdyakan guru-guru senior untuk merencanakan dan melaksnakn kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi
13.  Kerjasama dengan instansi terkait, komite sekolah dan steakholder guna memenuhi ketersedian Sumber dana 
14.  Memberdyakan dana untuk memenuhi seluruh standar nasional pendidikan
15.  Bekerjasama dengan pengawas atau narasumber yng lain untuk peningkatan pemahaman terhadap berbagai teknik dan variasi penilaian
16.  Bekerjasama dengan pengawas atau narasumber yng lain untuk peningkatan pelaksanaan terhadap berbagai variasi instrumen penilaian
17.  Pemberdayan seluruh steakholder sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
18.  Pemberdayan seluruh steakholder sekolah untuk mewujudkan budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah

H.  HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan tercapai atau terpenuhi dari program-program di ats antara lain :
1.    Terealisasinya peningkatan nilai rata-rata UN
2.    Terealisasinya peningktan nilai KKM
3.    Terealisasinya dokumen KTSP yang standar
4.    Terealisasinya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk semua mapel
5.    Terealisasinya sumber/bahan ajar yang memadai
6.    Terealisasinya pembelajaran aktif inovatif kratif dan menyenangkan
7.    Terealisasinya peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru
8.    Terealisasinya peningkatan kompetensi dan profesionalisme tenaga kependidikan
9.    Terealisasinya pemenuhan media pembelajaran
10.  Terealisasinya pemenuhan sarana dan prassrana lainnya
11.  Terealisasinya Pemenuhan dokumen RKS dan RKAS
12.  Terealisasinya peningkatan supervisi, monitoring dan pelaporan
13.  Terealisasinya peningkatan sumber dana 
14.  Terealisasinya pemenuhan pengalokasian dana
15.  Terealisasinya peningkatan  dan pemahaman tentang teknik dan variasi penilaian
16.  Terealisasinya peningkatan dan pemahaman tentang pelaksanaan penilaian
17.  Terealisasinya peningkatan lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
18.  Terealisasinya peningkatan budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah sekolah mampu mewujudkan lingkungan yangbersih, indah dan kondusif



Indikator keberhasilan dapat ditabulasikan sebagai berikut :
No
Standar Nasional Pendidikan
Tahun  13/14
Tahun 14/15
Tahun 15/16
Tahun 16/17
1
Standar Kompetensi Lulusan





a.    Rata-rata nilai UN
b.    Rata-rata KKM
5.50
60
6.00
65
6.50
70
7.50
75
2
Standar isi





a.    Buku KTSP yang standar


b.    Silabus dan Renacana Pelaksanaan  Pembelajaran
1 buku KTSP 25 indikator

 5 org

1 buku KTSP 32 indikator

11 org
1 buku KTSP 32 indikator

11 org
1 buku KTSP 32 indikator

11 org
3
Standar Proses





c.    Kepemilikan sumber/bahan ajar
d.    Pelaksanan pembelajaran aktif inovatif kratif dan menyenangkan
1:2
3 org

1:1
11 org

1:1
11 org

1:1
11 org

4
Standar Pendidik & Tenaga Kependidikan





a.    Pelatihan Guru
b.    Pelatihan tenaga kependidikan
2 org
1org
5 org
2 org
8 org
3 org
11 org
5 org
5
Standar Sarana & Prasarana





a.    Media  pembelajaran
b.    Sarana dan prasarana lainnya
50%
70%
75%
80%
100%
100%
100%
100%
6
Standar Pengelolaan





a.    Dokumen RKS dan RKAS


b.    Supervisi, monitoring dan evaluasi
1  buku standar

3 buku
1  buku standar

3 buku
1  buku standar

3 buku
1  buku standar

3 buku
7
Standar Pembiayaan





a.    Sumber dana 

b.    Pengalokasian dana
3 smbr

8 SNP
4 smbr

9 SNP
4 smbr

9 SNP
4 smbr

9 SNP
8
Standar Penilaian Pendidikan





a.    Teknik dan variasi penilaian
b.    Pelaksanaan penilaian
4 variasi
11 org
5 variasi
11 org
5 variasi
11 org
5 variasi
11 org
9
Standar lingkungan sekolah





a.       Lingkungan yang bersih, indah dan kondusif
b.       Budaya bersih terhadap seluruh warga sekolah
90%

90%

100%

100%
100%

100%
100%

100%


Tidak ada komentar:

Posting Komentar